NOVEL JAYANTAKA

N1

Jayantaka harus bertemu dengan seorang Guru Sufi Misterius. Dan proses penggemblengan pun terjadi. Ia tersedot ke dalam perang tanding antara kerajaan Nagur (Suku Simalungun) dengan Samudera Pasai yang masih berkerabat.

Takdirnya belum tunai jika belum menyerahkan benda pusaka Tatar Sunda ke kerajaan Matahari Timur.

 

Untuk Pembelian Novel Sejarah Bisa Menghubungi:

Marsaulina Pandiangan: 08129855181  

David: 081384527122

NOVEL SRIWIJAYA

N2

Tidak mudah menjadi bagian keluarga Lingkar Laksman. Wira puak Melayu ini telah bersumpah senantiasa melindungi wangsa Syailendra. Sementara tugas kemaharajaan Sriwijaya melayani 108 kadatuan Banjaran Nagara sungguh penuh resiko. Setiap tindakan selalu menuai reaksi positif dan negatif. Beruntung mereka dibimbing seorang Resi dan memiliki mandala penopang agar bisa tetap berjaya – sepanjang diindahkan! Rupanya dendam tujuh turunan keluarga Kandra Kayet masih terus membayangi keluarga Tandrun Luah (Lingkar Laksman). Tak ada pilihan, penghukuman mesti dituntaskan.

Untuk Pembelian Novel Sejarah Bisa Menghubungi:

Marsaulina Pandiangan: 08129855181  

David: 081384527122

 



PROGRAM EDUKASI NUTRISI MAKAN SAYUR

DAN BUAH LEBIH BANYAK

 

~Adalah Upaya Mengatasi Rendahnya Konsumsi Sayur

dan Buah Masyarakat Indonesia

 

 

Program Edukasi Nutrisi: Sarihusada – One Earth, Jogjakarta

 

ONE EARTH, Jogjakarta – Minggu (27/2017) pukul 09-30 – 11.00 wib, One Earth Integral Education Foundation dan Anand Ashram Foundation (berafiliasi dengan PBB) mengadakan kegiatan Program Edukasi Nutrisi Seimbang dan Holistik yang didukung juga oleh PT Sarihusada Generasi Mahardika, Taman Pintar Jogjakarta serta Dinas Kesehatan Kota Yogjakarta. Acara ini diadakan di ruang Pitagoras, gedung Oval Taman Pintar Jogjakarta.

 

Program Edukasi Nutrisi: Sarihusada – One Earth, juga melibatkan para orangtua siswa

Program edukasi nutrisi seimbang dan holistik ini sudah dilakukan sejak tahun 2011. Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi nutrisi kepada orang tua dan anak di daerah Jogjakarta, setiap hari Minggu pukul 10.00 wib bertempat di PAUD Taman Pintar. Program ini diberikan dengan mengintegrasikan nilai budaya Nusantara seperti pengendalian diri, pengembangan kasih sayang, peningkatan kemampuan memilah tindakan yang tepat serta latihan pemberdayaan diri guna membentuk anak berkelas dunia (berkarakter).

Saat ini, Taman Pintar Jogjakarta merupakan tempat wisata edukatif yang selalu menyediakan kegiatan bermanfaat, edukatif, inovatif serta positif bagi masyarakat luas. Bahkan wahana PAUD Timur dan Barat telah diperbaharui sedemikian rupa oleh PT Sarihusada demi menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ramah pengunjung.

“Oleh karena itu tak heran jika Taman Pintar dikunjungi oleh lebih dari satu juta wisatawan setiap tahunnya,” ujar Agus Budi Rahmanto, pengelola dari Taman Pintar Jogjakarta. 

Endah Prasetioningtias, Community & Public Relations Manager, PT Sarihusada Generasi Mahardika mengungkapkan, “Program edukasi ini sangat dibutuhkan masyarakat kita karena tingkat konsumsi sayur dan buah kita yang rendah.”

Program kampanye makan buah dan sayuran dikuti sekitar 30-an anak PAUD, ditambah para orang tua serta guru PAUD-nya, baik yang sudah maupun yang belum pernah mengikuti program Edukasi Nutrisi Sarihusada One Earth.

 

Program Edukasi Nutrisi: Sarihusada – One Earth, membawakan Drama Interaktif dan Afirmasi

Agar lebih menyasar pada perubahan mindset, maka diberikan metode Afirmasi Bersama dan Drama Interaktif. Afirmasi yang diberikan berbunyi: “Saya Makan Buah dan Sayur Lebih Banyak.” Lalu drama interaktif melibatkan seluruh peserta; Anak PAUD, orang tua, Guru PAUD dan fasilitator edukasi nutrisi Sarihusada One Earth. Kerjasama dan kolaborasi tercipta dari gerak bersama yang diiringi lagu kemudian dilanjutkan dengan ekpresi mewarnai (melukis) dan menempelkan kertas bergambar buah dan sayur itu ke badan para fasilitator. Puncaknya melakukan afirmasi bersama: “Saya makan sayur dan buah lebih banyak.” Selanjutnya, acara diakhiri dengan makan buah dan sayuran bersama yang telah disediakan.

“Drama interaktif memang sengaja didesain dengan melibatkan semua peserta agar lebih menyenangkan supaya penyampaian pesan pengetahuan dan pemahaman kenapa makan sayur dan buah harus lebih banyak, dapat lebih mudah diterima,” jelas Dr Suriastini selaku Direktur One Earth Integral Education Foundation.

Hasil Survey Diet Total (SDT) terakhir yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI menunjukkan konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia per hari masih sangat rendah. Rerata asupan buah masyarakat Indonesia hanya 33,5 gram per hari dan sayuran hanya 57,1 gram per hari (Kementerian Kesehatan, 2016). Jika dibandingkan dengan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia, hanya seperempat dari ketentuan minimum WHO. Konsumsi buah dan sayur Indonesia termasuk yang paling rendah di antara negara Asean.

Lebih jauh, Dr Suriastini menuturkan, acara dimaksudkan untuk memunculkan niat kuat dari anak dan orang tua dalam merubah prilaku agar memakan buah dan sayur yang lebih banyak. Upaya ini ditujukan bagi peningkatan kualitas kesehatan, kemajuan serta perkembangan anak secara holistik di masa depan.

Soal afirmasi, Dr. Suriastini menekankan bahwa afirmasi yang dilakukan secara bersama memiliki peranan penting. Afirmasi adalah sesuatu yang kita yakini akan terjadi, merupakan salah satu cara pemberdayaan pikiran untuk merubah perilaku. Mengucapkan Afirmasi: “Saya Makan Buah dan Sayur Lebih Banyak,”  secara rutin, membantu mewujudkan prilaku makan buah dan sayur lebih banyak dalam kehidupan sehari-hari.

Program Edukasi Nutrisi: Sarihusada – One Earth, sudah dilakukan sejak tahun 2011

Sementara itu, dr Riska Novriana dari Dinas Kesehatan Kota Yogjakarta sangat mengapresiasi kegiatan afirmasi bersama, mengingat buah dan sayuran merupakan komponen penting dalam menu makanan sehat, sebagai  sumber vitamin, mineral, serat dan antioksidan bagi tubuh. Penurunan konsumsi buah dan sayur berkorelasi dengan keadaan kesehatan yang buruk dan peningkatan resiko terkena penyakit tidak menular tertentu seperti penyakit jantung dan kanker.

Karena itulah program edukasi nutrisi Sarihusada – One Earth sangat mendesak diberikan, mengingat hasil riset kesehatan dasar yang terakhir menunjukkan bahwa, masyarakat kita yang mengkonsumsi sayuran dan buah setiap hari hanya 10,7% dari jumlah penduduk Indonesia.

 

 

 

 

 

PROFIL ONE EARTH INTEGRAL EDUCATION FOUNDATION - JOGJAKARTA

One Earth Integral Education Foundation, didirikan oleh tokoh nasionalis, humanis, pengarang lebih dari 140 buku, Bapak Anand Krishna bersama 9 orang pengurus lainnya yang berasal dari berbagai daerah, latar belakang suku, dan agama, pada tanggal 28 Februari 2011 di Yogyakarta.  Yayasan pendidikan ini mengusung visi dan misi Yayasan Anand Ashram (www.anandashram.or.id) yang didirikan oleh Bapak Anand Krishna pada tahun 1991, visi One Earth One Sky One Humankind dan misi mewujudkan masyarakat berkesadaran, yang berlandaskan pada nilai-nilai universal Peace, Love and Harmony.

Yayasan pendidikan ini merupakan perluasan, Sister dari One Earth School Bali (www.oneearthschool.org) yang didirikan di Bali pada tahun 2008.  Yayasan Pendidikan One Earth berencana mendirikan Lembaga Pendidikan Formal dan Non formal, tetapi tidak terbatas pada sekolah dari tingkat Pendidikan Usia Dini,  Taman Kanak-kanak sampai pendidikan online dan jarak jauh. Pendidikan diselenggarakan secara integral dimana nilai kebangsaan dan kemanusiaan dikembangkan bersama sehingga terciptalah manusia-manusia baru yang mampu menggunakan dan memanfaatkan kekayaan alam Indonesia secara maksimal dan dengan penuh tanggung jawab.

Diawali dengan One Earth School untuk anak usia dini, program afternoon class One Earth dengan program yang meliputi  les Bahasa Inggris,  mata pelajaran mulai dari TK sampai SMP; serta One Earth Community Program diantaranya  program Bahasa Inggris untuk anak, remaja dan dewasa untuk komunitas dimana yayasan berdomisili, serta tukang becak dan juga program Self Empowerment, Mengajar Tanpa Dihajar Stres (MTDS) bagi para guru dan Progam Pemulihan Stres dan Trauma Keliling (PPSTK) serta Pendidikan E-learning dalam wadah One Earth College of Higher Learning (www.oneerthcollege.com) yang telah membuka tiga program, yaitu Neo Transpersonal PsychologyNeo Interfaith Studies dan Ancient Indonesian History and Culture.

Sejak 23 Oktober 2011, menyelenggarakan Program Edukasi Nutrisi yang dilatarbelakangi oleh kondisi keadaan status Gizi Anak Balita Indonesia. Program ini mencakup edukasi bagi anak-anak dalam bentuk “Pesta Anak World Class Citizen” dan “Program Parenting Ayo Melek Gizi”. Mengambil tempat di Wahana PAUD Taman Pintar, Program Edukasi dilaksanakan setiap Minggu dalam dua sesi dengan durasi masing-masing sesi 1 jam tanpa di pungut biaya. Program ini merupakan hasil kerjasama antara P.T. Sari Husada, Yayasan Pendidikan Integral Satu Bumi, Forum Pengajar Dokter dan Psikolog dan Forum Kebangkitan Jiwa.

 

Susunan pengurus lengkap dari Yayasan Pendidikan Integral Satu Bumi adalah sebagai berikut:

Pembina 1. Anand Krishna
2. Liny Tjeris
3. Maya Safira Mochtar
Pengawas 1. Ni Luh Wayan Sukmawati
2. Dewi Juniarti
3. Dominikus Tunggul Setiawan
Pengurus
Ketua Yayasan N. W Suriastini
Wakil Ketua Triwidodo Djoko Rahardjo
Sekretaris Dwi Rahmani
Bendahara Tanti Meilyawati

 

SUMBER: http://www.oneearthedu.org/profil-yayasan/

 

 

 

ONE EARTH INTEGRAL EDUCATION FOUNDATION - JOGJAKARTA

One Earth Integral Education Foundation (One Earth IEF) – Jogjakarta

Contact Person:

Suriastini(0811266309)

Mira (081805844014)